Perkembangan Bahasa Indonesia dari Tahun 2003 Sampai Sekarang

September 29, 2010 41215c4l177

pada tahun 2003 sampai sekarang ini, perkembangan bahasa indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat hampir seluruh penduduk bangsa indonesia menggunakan bahasa yang telah di tetapi oleh negara ini untuk berkomunikasi.bukan cuma bahsa indonesia saja yang digunakan oleh penduduk bangsa atau anak-anak muda sekarang kita ini ada juga yang menggunakan bahasa gaul kayak lw, w/gw,  lo ; bahasa SMS kayak n, sm, coz; dan bahasa 4l4y yang dimana bahasa ini di tulis dengan menggantikan huruf vokal menjadi angka seperti a = 4, dan i = 1; dan merubah susunan kata menjadi besar kecil. Sedangkan kalau dibidang teknologi, pada tahun 2003, Indonesia melakukan terobosan luar biasa dengan melakukan kerja sama bersama Microsoft untuk mengindonesiakan istilah-istilah yang ada di komputer.

akibat dari perkembangan bahasa di negara kita ini, banyak sekali dampak yang terjadi salah satu contohnya seperti kurang nya orang indonesia membaca buku-buku bahasa daerah apapun juga sehingga ilmu pengetahuan mengenai bahasa daerah berkurang . Namun belakangan sudah mulai muncul orang-orang yang sadar bahwa dalam hal ini kita tak dapat mengharapkan sesuatu yang kongkrit dilakukan oleh pemerintah, sehingga mereka sendiri terjun mengajar dan menyediakan buku bacaan bagi anak-anak jalanan yang terlantar, atau menyumbangkan buku untuk mengisi perpustakaan-perpustakaan yang mulai didirikan orang. Perusahaan juga ada yang mulai giat dalam bidang ini.

Hanya dengan melakukan hal-hal kecil yang kongkrit seperti menyelenggarakan penerbitan buku bahasa daerah secara profesional, mendirikan perpustakaan yang juga menyediakan buku bahasa daerah dalam koleksinya, masa depan bahasa dan sastera daerah dapat berkembang.

Hal yang seperti itu juga berlaku buat mereka yang ingin bergerak dalam bidang radio dan televisi. Mengadakan siaran bahasa dan kesenian daerah sebanyak mungkin akan menumbuhkan minat dan apresiasi masyarakat terhadap bahasa dan kesenian daerah. Mereka yang beranggapan bahwa anak-anak sekarang tidak dapat atau tidak menyukai kesenian daerahnya sendiri dan lebih menggemari musik pop yang datang dari luar, lupa bahwa hal itu disebabkan oleh faktor kesempatan. Sementara musik pop yang datang dari luar didukung oleh modal kuat sehingga dapat didengar orang setiap saat melalui radio, televisi, kaset dll., kesenian daerah kian sedikit dan kian jarang saja tampil baik dalam bentuk pertunjukan di atas panggung maupun melalui siaran radio atau televisi. Kalau kesenian-kesenian daerah mendapat kesempatan ditonton dan didengarkan secara terus-menerus, niscaya akan menumbuhkan minat dan apresiasi generasi muda terhadapnya.

Indonesia melakukan terobosan luar biasa dengan melakukan kerja sama bersama Microsoft untuk mengindonesiakan istilah-istilah yang ada di komputer.

Entry Filed under: Tulisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

September 2010
M T W T F S S
« Jun   Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
 
%d bloggers like this: