Pertanyaan Seputar Komputasi Modern

April 20, 2013 41215c4l177

KOMPUTASI MODERN

Jawablah pertanyaan pertanyaan dibawah ini dengan lengkap dan jeIas!

1. Apa yang kamu ketahui tentang komputasi modern?
2. Sebutkan macam macam komputasi modern!
3. Apa definisi dari komputasi?
4. Apa yang kamu ketahui tentang pemrosesan paralel (paralel processing)?
5. Bagaimana hubungan antara komputasi modern dengan pemrosesan paralel?
6. Buatlah secara ringkas sejarah dari komputasi modern!

Jawab :

1).  Komputasi modern terdiri dari dua kata yaitu komputasi dan modern,  dimana komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma sedangkan modern ini mengungkapkan tentang teknologi masa kini. Selain itu, komputasi modern mempunyai banyak fungsi guna memecahkan berbagai masalah seperti untuk menghitung:
•         Akurasi (bit, floating point)
•         Kecepatan (dalam satuanHz)
•         Problem volume besar (paralel)
•         Modeling (NN dan GA)
•         Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O)

Komputansi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
1. Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2. Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3. Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

2). Macam-macam komputasi modern :

1. Mobile Computing atau Komputasi Bergerak

Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.

2. Grid Computing

Komputasi grid memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan.

3. Cloud Computing atau Komputasi Awan

Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas. Komputasi awan adalah sebuah paradigm baru dari konsep yang sebenarnya sudah ada. Beberapa aplikasi yang sangat akrab dari cloud computing adalah icloud (produk dari Apple) dimana user menyimpan data-data phonebook mereka di server Apple, bukan lagi di handphone mereka. Selain contoh it ada juga contoh dari satu provider Indonesia XL, yaitu XL Klik, dimana dengan menginstall XL Klik User sudah dapat menikmati beberapa aplikasi jejaring social, yang sebenarnya aplikasi itu terinstall di server XL, bukan di handphone mereka. Sehingga mereka bisa merasakan hp mereka seperti handphone yang jauh lebih pintar dan mahal.

3). Menurut saya komputasi adalah cara untuk menyelesaikan masalah perhitungan menggunakan alat yaitu komputer canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien. saya simpulkan seperti itu karena komputasi modern terdiri dari dua kata yaitu komputasi dan modern. Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Komputasi merupakan subbagian dari matematika. Disebut modern karena menggunakan alat canggih saat menyelesaian masalah.

4). Pemrosesan paralel (paralel processing) adalah penggunaan pada lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan, atau penggunaan dua atau lebih tugas pada waktu yang sama dengan tujuan mempersingkat waktu penyelesaian tugas-tugas tersebut dengan cara mengoptimalkan resource pada sistem komputer yang ada pada tujuan yang sama.

Maksudnya program dijalankan dengan banyak CPU secara bersamaan dengan tujuan untuk membuat program yang lebih baik dan dapat diproses dengan cepat. Tetapi dalam praktek, seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbea-beda tanpa berkaitan di antaranya.

5.) Konsep dari pemrosesan paralel yaitu dengan penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan program secara simulasi dan membuat program berjalan lebih cepat seiring banyaknya CPU yang digunakan. Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan masalah. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan performa komputasi,semakin banyak yang bisa dilakukan secara bersamaan semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan.
Komputasi paralel membutuhkan :

  1. Algoritma
  2. Bahasa pemrograman
  3. Compiler

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hubungan komputasi modern dengan paralel processing itu  merupakan hubungan yang saling terkait. Hubungan yang paling mencolok adalah penggunaan komputer yang dianggap lebih cepat dibandingkan dengan penyelesaian masalah secara manual. oleh karena itu peningkatan kinerja terus diterapkan dengan cara meningkatkan kecepatan perangkat keras yaitu processor. Waktu idle siklus processor di seluruh jaringan dapat digunakan secara efektif oleh perangkat keras yang canggih. Pengolahan paralel istilah digunakan untuk mewakili kelas besar teknik yang digunakan untuk memberikan tugas pengolahan simultan data untuk tujuan meningkatkan kecepatan komputasi dari sistem komputer.

6.) Sejarah komputasi modern :

  1. Istilah mesin komputasi , digunakan semakin dari tahun 1920, mengacu pada setiap mesin yang melakukan pekerjaan komputer manusia, yaitu, setiap mesin yang menghitung sesuai dengan metode yang efektif.
  2. Selama akhir 1940-an dan awal 1950-an, dengan munculnya mesin komputasi elektronik, mesin ‘kalimat’ komputasi secara bertahap memberi jalan hanya untuk ‘komputer’, awalnya biasanya dengan elektronik ‘awalan’ atau ‘digital’. Catatan ini survei sejarah mesin ini.
  3. Tahun 1940 komputer yang semula dikhususkan sebagai instrument untuk science, berubah menjadi produk komersil.
  4. Tahun 1945 di temukan Bug Komputer oleh Grace Murray Hopper Tahun 1947 tanggal 23 Desember ditemukan transistor yang pertama kali oleh Bardeen dan Walter Brattain bersama dengan William Shockley .
  5. Tahun 1951 dimulai sebuah gagasan microprogramming oleh Maurice Wilkes Tahun 1951-1952 Grace Murray Hopper mengembangkan A-O, yang merupakan compiler pertama.
  6. Tahun 1957 John Backus dan kolega IBM mengirimkan Compiler Fortran yang pertama.
  7. Tahun 1958 Jack Kilby menghasilkan prototype semiconductor IC.
  8. Tahun 1960 merupakan timbulnya system kecil seperti word length, register structure, Number of Addresses, I/O channel, Floating point hardware.
  9. Tahun 1960 juga Paul Baran yang bekerja di Rand Corp. menemukan dasar packet switching untuk data komunikasi.
  10. Tahun 1962 video game pertama kali di temukan oleh Steve Russell yang merupakan seorang lulusan MIT.
  11. Tahun 1964 mouse ditemukan oleh Doug Engelbart.
  12. Tahun 1969 munculnya internet oleh DARPA Tahun 1970 merupakan kedatangan PC (personal computer).
  13. Tahun 1970 ditemukan UNIX oleh Dennis Ritchie dan Kenneth Thomson. Pada tahun 1970 juga floppy disk dan daisywheel printer di tunjukkan kepada umum (debut pertama).
  14. Tahun 1971 Ray Tomlinson of Bolt Beranek dan Newmen pertama kali mengirimkan jaringan surat e-mail.
  15. Tahun 1971 Niklaus Wirth menemukan Pascal Tahun 1972 di temukan bahasa C oleh Dennis Ritchie di Bell Labs.
  16. Tahun 1973 Robert Metcalfe menuliskan catatan di “Ether Acquisition” yang mendeskripsikan Ethernet.
  17. Tahun 1973 Robert Metcalfe dan David Boggs menemukan Ethernet.
  18. Tahun 1976 merupakan tahun pertama kalinya muncul supercomputer dengan vektorial arsitektur. Tahun 1976, Steve Jobs dan Steve Wozniak mendesain dan membangun Apple I yang terdiri dari kebanyakan papan circuit.
  19. Tahun 1977, Steve Jobs dan Steve Wozniak tergabung dalam Apple computer pada 3 januari.
  20. Tahun 1978, Muncul MS Tahun 1978, Wordstar yang merupakan software pengolah kata diperkenalkan dan meluas. Tahun 1979 telepon seluler di test di Jepang dan Chicago. Tahun 1980 IBM memilih PC-DOS dari Microsoft sebagai OS (Operating System)
  21. Tahun 1980 bahasa Ada muncul yang di temukan oleh Departemen Pertahanan US. Tahun 1980 portable computer seberat 24 pounds lahir.
  22. 1 januari 1983, muncul TCP/IP Tahun 1984, muncul Apple Macintosh Tahun 1984, muncul DNS Tahun 1985 menyebarnya sistem networking.
  23. Tahun 1990 tim Barners Lee Menemukan WWW yaitu aplikasi internet yang membawa perkembangan dan perubahan besar di dunia internet.
  24. Tahun 1991 Trovalds menempatkan UNIX di IBMnya. Tahun 1992 muncul istilah surfing Tahun 1993 pentium milik intel diperkenalkan kepada umum pada bulan Maret Tahun 1993 muncul NSCA Mosaic Tahun 1994 muncul Yahoo dan Netscape Navigator 1.0
  25. Tahun 1995 muncul bahasa pemrograman Java pada bulan Mei. Pada Desember 1994 maka Spyglass milik Microsoft telah dibayar dan diberi lisensi, sehingga untuk web browser yang nantinya nama spyglass tersebut akan diganti dengan nama Internet Explorer.
  26. Pada 1995 spyglass sudah menjadi bagian dari OS dan bagian dari windows

Nama                          : Aris Umboro
Kelas                           : 4IA21
NPM                            : 55409753
Mata Kuliah             : Pengantar Komputasi Modern
Dosen                         : Rina Noviana

 

Entry Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

April 2013
M T W T F S S
« Mar   May »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
 
%d bloggers like this: